Mengenal Sayuran Hidroponik, Apa Saja Jenisnya?

Sayuran hidroponik


Cara menanam dengan sistem hidroponik sedang populer saat ini, apalagi saat pandemi seperti ini yang mengharuskan kita untuk banyak beraktifitas di dalam rumah.

Bercocok tanam sangat digemari oleh masyarakat perkotaan. Hal ini karena menanam hidroponik tidak memerlukan lahan yang luas. Kita bisa menanam pada botol bekas menaruhnya di atap rumah, menggantungkan pada tembok, ataupun menaruh di halaman depan rumah.

Salah satu kelebihan dari sistem hidroponik yaitu budidaya tanaman ini menggunakan air sebagai media tanamnya, sehingga kita tidak membutuhkan media tanam tanah. Jika ingin berhasil dalam budidaya hidroponik, tentu kita harus belajar tekniknya, media tanam yang cocok, dan juga pemberian nutrisi yang tepat. Selain itu harus mengetahui cara pengendalian hama.

Adapun jenis tanaman yang sering dan mudah dibudidayakan yaitu sayur – sayuran. Apabila kita dapat menanam sayuran di pekarangan rumah, maka kita bisa memenuhi kebutuhan – kebutuhan dapur, tanpa harus sering berbelanja di pasar atau swalayan. Untuk itu kita akan membahas tentang sayuran hidroponik.

Sayuran Hidroponik Yaitu :

Semaian Hidroponik

Sayuran hidroponik adalah sayuran yang tumbuh dengan media tanam air yang mengandung mineral (nutrisi) yang dibutuhkan agar tumbuh. Sayuran hidroponik tidak membutuhkan media tanam tanah.

Dengan menggunakan metode ini, akar dari tanaman yang tumbuh tidak terlalu kompleks untuk menyerap nutrisi. Proses tanaman bertumbuh akan sangat efektif karena tidak terjadi persaingan dengan tanaman lain untuk memperoleh nutrisi. Pertumbuhannya pun hanya berfokus pada daun saja sehingga dapat maksimal.

Baca juga : Jenis – jenis tanaman hidroponik

Keuntungan Menanam Sayuran Hidroponik

Sayuran yang ditanam menggunakan budidaya hidroponik memiliki beberapa kelebihan antara lain :

  1. Kualitas lebih baik, beberapa orang mengklaim sayuran yang ditanam menggunakan budidaya hidroponik mempunyai kualitas yang lebih bagus dari pada ditanam secara konvensional. Hal ini karena sayuran hidroponik lebih segar, bebas bahan kimia dan pestisida.
  2. Bebas pestisida, tanaman hidroponik yang memakhttps://hidroponikyuk.com/jenis-tanaman-hidroponik/ai media tanam air dan tidak memerlukan tanah. Metode dan tempat penanamannya sangat dijaga, sehingga tidak memerlukan pestisida untuk melindungi dari hama. Hal ini membuat sayuran hidroponik dapat digolongkan sayuran organik dan sehat.
  3. Bisa ditanam dimana saja, Tanaman hidropnik dapat ditanam dimana saja, kita dapat menaruhnya di tembok, di dag atap rumah, dan di halaman depan. Yang terpenting adalah tanaman mendapatkan matahari yang cukup.
  4. Nutrisi terkontrol, Kelebihan berikutnya yaitu pemberian nutrisi yang dapat di kontrol sesuai kebutuhan. Alasannya karena konsentrasi nutrisi yang dipakai sangat mudah dilarutkan.
  5. Membutuhkan sedikit air, Meski menggunakan media tanam utama adalah air tetapi bila dibandingkan dengan metode konvensional tentu lebih sedikit.
  6. Lebih cepat panen, Nutrisi yang lasung diserap oleh akar tanaman dan tidak banyak tebuang membuat sayuran hidroponik cepat tumbuh dan panen.

Baca juga : Cara mudah menanam Melon hidroponik

7 Jenis Sayuran Hidroponik Paling Rekomendasi Untuk Ditanam

Panen Kangkung

  1. Kangkung
    Kangkung dapat tumbuh dengan mudah dimana saja terutama di tempat yang lembap. Selain itu sayur ini dapat tumbuh sepanjang tahun (tidak kenal musim) dan perawatannya mudah. Karena itu kangkung menjadi salah satu sayuran hidroponik yang mudah ditanam.
  2. Bayam
    Bayam merupakan tanaman yang cocok untuk dibudidaya hidroponik. Sangat mudah menanamnya dan tidak memerlukan perawatan khusus. Kandungan gizi yang tinggi membuat bayam favorit ditanam secara hidroponik. Usia penanaman bayam hidroponik sekitar 30 – 35 hari.
  3. Selada
    Tanaman selada memiliki banyak jenisnya, di luar negeri biasa dikenal dengan lettuce dan banyak digunakan untuk salad. Selain untuk makanan diet selada dapat digunakan untuk lalapan juga. Apabila ditanam dengan hidroponik usia tanam relatif lebih cepat dan hasil bisa maksimal.
  4. Seledri
    Seledri merupakan tanaman yang sering digunakan masyarakat untuk menambah rasa sedap pada masakan, terutama masakan berkuah. Tanaman ini termasuk sayuran yang dapat ditanam hidroponik karena tidak mengenal musim dan perawatan tidak sulit.
  5. Sawi Hijau
    Sawi hijau sangat digemari oleh masyarakat dan laris di pasaran, sangat cocok di padukan makanan berkuah. Sawi hijau juga cocok ditanam secara hidroponik karena dapat dengan mudah beradaptasi dengan media tanam apapun termasuk media air.
  6. Cabai
    Cabai adalah salah satu item yang harus ada di dapur, sebagai cita rasa pedas. Cabai termasuk sayuran yang direkomendasikan untuk ditanam secara hidroponik. Hal ini karena cabai mudah ditanam sehingga cocok untuk pemula.
  7. Tomat
    Tomat adalah salah satu tanaman yang mempunyai kandungan air yang banyak. Sehingga budidaya hidroponik dapat diterapkan untuk tanaman ini. Agar dapat tumbuh dengan baik harus memilih bibit yang berkualitas, dan memerlukan perawatan yang rutin agar hasil maksimal.

Demikian penjelasan tentang sayuran hidroponik dan berbagai macam jenisnya. Untuk cara menanamnya dimulai dari Menyemai Benih dan cara menanam hidroponik Sistem Wick. Silahkan mencobanya di rumah, semoga bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *