Cara Mudah Membuat Wadah Hidroponik Styrofoam

hidroponik styrofoam


Pembuatan hidroponik bisa dilakukan dengan mudah dan murah, salah satunya dengan sistem sumbu atau wick yang dapat menggunakan bahan-bahan yang berada dekat disekitar kita. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan Bagaimana cara pembuatan wadah hidroponik sistem sumbu atau wick yang menggunakan styrofoam yang akan memudahkan untuk dipahami.

Persiapan Bahan dan Alat

hidroponik styrofoam

Bahan yang digunakan :
-Styrofoam/sterofoam bekas buah
-Plastik hitam
-Solasi

Styrofoam yang digunakan adalah styrofoam yang dapat dibeli dari penjual buah. Kisaran harga antara Rp.5000,00 atau Rp.10.000,00 dengan model yang beraneka ragam dan semua dapat dipakai untuk pembuatan wadaf hidroponik ini. Menggunakan plastik hitam yang tidak bocor karena i ni digunakan untuk menampung air nutrisi yang nantinya digunakan saat penanaman.

Alat yang diperlukan:
-Kompor gas
-Pelubang
-Cutter

Menggunakan kompor gas atau lampu pelita untuk memanaskan pelubang yang terbuat dari kawat berbentuk bulat yang mudah ditemukan di toko hidroponik setempat. Harga yang akan dikeluarkan juga tidak terlalu mahal.

Tahap Pelubangan Styrofoam/Sterofoam

hidroponik styrofoam

Alat pelubang yang digunakan adalah terbuat dari jenis besi kawat yang dibuat bulat dengan pegangan yang terbuat dari kayu. Cara kerja dari alat ini adalah diawali dengan membakan alat tersebut dengan bantuan kompos gas yang telah disediakan selama beberapa menit sehingga besi benar-benar panas sehingga dapat melubangi styrofoam. Untuk pemula dapat melakukan cara penandaan titik yang akan dilubangi dengan menggunakan pena/spidol, hal ini berguna untuk menghasilkan titik lubang yang rapi dan bagus. Namun untuk yang sudah ahli bisa menggunakan secara langsung, bisa saja namun harus tetap hati-hati karena styrofoam yang telah dilubangi tidak dapat diulang kembali sampai paham dan harus hati-hati dalam pengerjaannya.

Untuk jumlah lubang yang akan dibuat dapat disesuaikan dengan tanaman yang akan ditanam, mulai dari 4 lubang, 5 lubang, 6 lubang sampai 10 lubang. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat lubang pada styrofoam ini dengan jumlah 10 lubang karena saya akan menanam tanaman kangkung yang tidak terlalu banyak menggunakan tempat.

Tahap Pemasangan Plastik

hidroponik styrofoam

Hal ini berguna untuk menjaga air tetap aman tidak merembes karena ada kebocoran pada styrofoam. Lakukan dengan menggunakan pisau dan solaso untuk merekatkan dan tidak lepas.

Tahap Akhir

Setelah kedua bagian styrofaoam ini telah selesai dibuat, maka styrofoam ini sudah dapat digunakan untuk menanam hidroponik. Untukmendapatkan hasil panen yang banyak maka harus menambah wadah sesuai dengan yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *