Yuks Tanam Kailan Secara Hidroponik!

hidroponik kailan


Kailan sayuran yang jarang ada dipasaran. Sayuran ini memiliki daun bulat mengkilap seperti daun bunga kol. Daun nya lebar bulat dan tebal begitu juga batangnya juga tebal pendek sekitar 20-25 cm. Daun kailan tidak terlalu rimbun,Berwarna hijau muda. Tanaman ini disukai orang Chinese di masak oseng oseng cah kailan.

Kailan atau brokoli Cina memang bukan asli Indonesia, melainkan dari Ciina seperti namanya. Sayur ini memiliki daun dan batang tebal berwarna hijau, dan bunga kecil berbentuk seperti kembang kol atau brokoli.

Kailan memiliki kandungan gizi yang tinggi termasuk mineral, vitamin B, vitamin C, serat, antioksidan, zat besi, kalsium, dan zat-zat baik lainnya. Tidak heran jika batang dan bunga kailan sering diolah menjadi berbagai macam masakan, terutama dengan cara ditumis.

Lanjut bagaimana cara menanam kailan secara hidroponik. Seperti tanaman lain siapkan peralatan penting hidroponik selain modul. Jika tanam secara wick atau sumbu Beli lah starterkit hidroponik berisi media rockwool, netpot, tutup Impraboard, wadah baskom berwarna abu-abu atau hitam, flanel jika perlu, ab mix, benih serta cara bertanm hidroponik sampai panen.

hidroponik kailan

Cara menanam kailan secara hidroponik adalah sebagai berikut :

  1. Persiapan

    Siapkan bibit kailan, rockwool, nampan plastik, air, cutter, botol plastik bekas minuman kemasan.dan sumbu

  2. Pembibitan

    Langkah pertama dalam cara menanam kailan secara hidroponik adalah rendam bibit dengan air hangat kuku kurang lebih 2 jam. Sambil menunggu, potonglah rockwool kecil-kecil dengan ukuran kurang lebih 3×3 cm lalu susunlah di atas nampan. Tuangkan air ke nampan sampai rockwool basah tetapi tidak sampai menggenang.

    Kemudian tusuk masing-masing rockwool dengan lidi di tengahnya. Setelah 2 jam, pilih bibit yang tenggelam dan letakkan di rockwool 1 biji/rockwool. Letakkan nampan di tempat minim cahaya dan perhatikan 2 atau 3 hari. Saat biji sudah berkecambah, pindahkan nampan ke tempat yang terkena cahaya matahari. Jangan lupa buatlah agar rockwool tetap lembab. Saat benih sudah berdaun 4, benih sudah siap dipindahkan ke hidroponik kit.

  3. Pemindahan Ke Hidroponik Kit

    Anda bisa langsung memindahkan benihnya jika membeli hidroponik kit. Tapi jika belum anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Yang paling mudah adalah dengan menggunakan botol plastik bekas.

    Caranya, potong botol plastik ukuran besar menjadi dua lalu lubangi tutup botol dengan diameter kira-kira 1cm, lalu masukkan sumbu kedalamnya dan tutupkan kembali pada botol dan selipkan sumbu didalamnya.

    Buat lubang kecil di bahu botol dengan paku. Tuang air nutrisi ke bagian bawah botol dan letakkan bagian atas botol diatasnya secara terbalik. Letakkan campuran tanah dan kompos di bagian atas botol dan pindahkan benih kailan kedalamnya. Pastikan air nutrisi selalu tersedia karena itu adalah satu-satunya sumber nutrisi untuk pertumbuhan tanaman kamu.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan, semoga dapat bermanfaat. Kalau memang belum ada pandangan lebih jauh, kamu bisa kok bertanya di sini. Cantumkan saja pertanyaanmu di kolom komentar di bawah ini. Nanti setiap pertanyaan akan dibahas secara jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *