Tips Menanam Kemangi Dengan Budidaya Hidroponik

hidroponik kemangi


Kemangi merupakan salah satu pelengkap makanan di kebanyakan masakan Indonesia, terutama dalam lalapan. Tanaman dengan nama latin Ocimum xcitriodorum ini memiliki aroma daun yang khas dengan sentuhan aroma jeruk limau yang dihasilkan dari kandungan sitrat tinggi di daun dan bunganya. Mungkin karena itu pula, kemangi dalam bahasa Inggris disebut lemon basil.

Kemangi sendiri sebenarnya adalah hasil dari persilangan dua spesies basil berbeda yakni Ocimum basilicum dengan O. americanum. Tumbuhan kemangi merupakan tumbuhan perdu yang bisa tumbuh mencapai 1 meter. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas cara menanam kemangi dengan hidroponik. Langsung saja simak dibawah ini :

1. Persiapan

Siapkan alat dan bahan berupa botol plastik bekas, gunting atau cutter, sumbu, benih kemangi, media tanam berupa campuran tanah dan kompos, air, cairan nutrisi, dan nampan atau baki.
Setelah itu, persiapan selanjutnya adalah membuat hidroponik kit kamu sendiri. Kamu bisa melewati tahapan ini bila kamu berencana membeli hidroponik kit.

Potong botol plastik dengan cutter atau gunting menjadi dua bagian. Pastikan bagian bawah botol lebih panjang dari bagian atasnya. Lubangi kecil – kecil bagian bahu botol. beri lubang juga pada tutup botol dengan diameter kira – kira 1cm lalu masukkan sumbu kedalamnya dan tutupkan kembali pada botol.

2. Persemaian

Siapkan nampan atau baki dan tuangkan campuran tanah dan kompos diatasnya. Sirami dengan air secukupnya sampai media semai lembab, lalu taburkan biji kemangi diatasnya. Letakkan nampan di tempat yang terkena sinar matahari tetapi tidak terkena air hujan. Setiap hari siramilah benih, jangan sampai tanah komposnya kering, tetapi juga jangan sampai air menggenang agar biji tidak busuk.

3. Penanaman

Setelah 1 – 2 minggu, benih kemangi akan tumbuh. Tunggulah sampai tingginya kira – kira 5 – 10 cm, lalu tanam biji kemangi di hidroponik kit yang kamu buat. Cara menanam kemangi dengan hidroponik adalah tuangkan cairan nutrisi ke bagian bawah botol. Kemudian letakkan bagian atas botol diatasnya secara terbalik sampai ujung sumbu menyentuh cairan nutrisi. Letakkan campuran tanah dan kompos di bagian atasnya. Kemudian tanamlah benih kemangi yang telah kamu semai. Letakkan pada tempat yang terpapar cahaya matahari.

4. Perawatan

Pastikan kamu mengisi ulang cairan nutrisi pada hidroponik kit kamu saar mulai berkurang. Jika kemangi sudah tumbuh tinggi, berikan tongkat lanjaran untuk penopang agar tidak roboh.

Cara menanam kemangi dengan hidroponik tadi dapat segera diaplikasikan sehingga Kamu tidak perlu membeli apabila membutuhkan daunnya. Semoga menambah wawasan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *