Sweet Basil atau Selasih Hidroponik Wick System Sederhana

Hidroponik basil


Sweet basil atau selasih adalah tanaman sejenis kemangi dengan aroma yang manis dan khas, daunya biasa digunakan dalam masakan italia baik yang di keringkan maupun yang fresh biasanya sebagai pemanis hidangan pizza. Di Indonesia jenis basil yang biasa di konsumsi sehari hari sebagai lalapan adalah dari jenis thai basil atau Ocimum citriodorum sedangkan sweet basil di sini di konsumsi sebagai pelengkap minuman adalah dari benihnya.

Untuk penanaman sweet basil sangat mudah sekali karena tanaman ini mudah tumbuh dimanapun walau bukan tanaman asli epidemik indonesia. Salah satu metode penanamanya adalah dengan hidroponik, kamu dapat menanam sendiri sweet basil dengan system Wick atau sumbu karena keterbatasan lahan.

Metode Penanaman Sweet basil adalah sama dengan cara menanam tanaman lainya, kita bisa menyemai dahulu benih sweet basil ini ke dalam media tanam seperti rockwool atau cocopeat / sekam bakar. Setelah benih tumbuh atau mulai berkecambah segera paparkan ke sinar matahari agar pertumbuhan maksimal dan tidak mengalami etiolasi.

Hidroponik basil

Penyemaian Benih Sweet Basil

Berikut ini adalah tahap penyemaian benih sweet basil / selasih :

  1. Potong potong rockwool agak besar karena sweet basil memiliki akar yang kuat
  2. Lubangi rockwool kira kira sedalam 2 mm.
  3. Tata rockwool dengan rapi di tryseedling atau media semai.
  4. Masukan benih dengan pinset satu benih per 1 lubang rockwool
  5. Semai benih dengan jumlah melebihi media penanaman, karena pengalaman saya tidak semua benih bisa tumbuh maksimal
  6. Basahi media tanam / rockwool dengan air tapi tidak terlalu basah, gunakan water sprayer atur untuk output embun / lembut.
  7. Tutup media semai dengan plastik gelap letakan di tempat gelap dan hangat.
  8. Tengok benih tiap 1x 24 jam, jika benih mulai berkecambah atau pecah benih segera paparkan ke matahari.

Proses Pindah Media Tanam Sweet Basil

Proses pemindahan dari tray semai ke media tanam saya lakukan ketika sweet basil sudah memiliki 4 daun sejati, Karena pada masa ini akar dari tanaman sweet basil sudah mulai menjalar dan sudah cukup kuat, persiapkan netpot gunakan netpot ukuran besar yang biasa di gunakan untuk drips system karena pengalaman saya menggunakan netpot 5cm tanaman akan mudah sekali roboh.

Nutrisi Hidroponik Untuk Sweet Basil atau AB-MIX Sweet Basil

Nutrisi Hidroponik yang saya gunakan pada tanaman sweet basil ini adalah AB – MIX general Sayur daun, saya berikan mulai 400 ppm pada saat pindah media sampai 1200 ppm saat Tanaman mulai berbunga, jika tanaman sweet basil ini akan di ambil daunya sebagai produk akhir maka nutrisi tidak perlu di ganti cukup menggunakan AB – MIX General Sayur.

Jika Produk akhir yang anda inginkan adalah biji nya untuk dijadikan selasih maka anda perlu mengganti nutrisi ke AB – MIX General Sayur Buah agar hasil lebih maksimal, selain itu jangan lupa pupuk daun tambahan Grow More Generatif di semprot 3 – 5 hari sekali agar bunga selasih lebat.

Panen Hidroponik Sweet Basil

Panen merupakan proses yang ditunggu dan akan menunjukkan hasil dari kegiatan budidaya. Umur panen tanaman basil hidroponik 6 sampai 8 minggu setelah tanam

Tips dan Trik Menanam Hidroponik Basil

Untuk menghasilkan lebih banyak daun atau bunga selasih maka pada saat remaja tanaman sweet basil ini sebaiknya di Pruning/ Di potong 1/3 tanaman agar muncul cabang baru dan di setiap cabang baru juga di perlakukan sama agar semakin banyak cabang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *