Apa dan Mengapa Profil Pelajar Pancasila?

apa dan mengapa profil pelajar pancasila

Profil Pelajar Pancasila adalah suatu gambaran karakter dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik di Indonesia. Profil ini merujuk pada nilai-nilai luhur Pancasila yang menjadi landasan dalam membentuk pribadi yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Profil ini memiliki tujuan dan kegunaan tertentu yang penting untuk pembangunan karakter bangsa. Dalam artikel ini akan membahas gambaran umum mengenai apa dan mengapa Profil Pelajar Pancasila.

Apa dan Mengapa Profil Pelajar Pancasila?

Apa Dimensi dan Elemen Profil Pelajar Pancasila:
Profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi utama, masing-masing dengan elemen-elemen kunci yang membangun karakter pelajar:

  1. Beriman dan Bertakwa:
    • Mengutamakan akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara.
  2. Berkebinekaan Global:
    • Mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural, serta refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.
  3. Mandiri:
    • Kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi, serta regulasi diri.
  4. Bergotong Royong:
    • Kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.
  5. Bernalar Kritis:
    • Memperoleh dan memproses informasi, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksikan pemikiran dan proses berpikir, serta mengambil keputusan.
  6. Kreatif:
    • Menghasilkan gagasan yang orisinal, serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.

Apa dan Mengapa Profil Pelajar Pancasila Berguna:

  1. Menerjemahkan Tujuan Pendidikan:
    • Profil ini berfungsi sebagai terjemahan tujuan dan visi pendidikan ke dalam format yang lebih mudah dipahami oleh semua pemangku kepentingan pendidikan. Dengan begitu, setiap pemangku kepentingan dapat memahami arah dan fokus pendidikan.
  2. Panduan Pengembangan Karakter:
    • Menjadi panduan pengembangan karakter bagi pendidik dan pelajar. Profil ini memberikan arahan yang jelas tentang nilai-nilai yang diharapkan berkembang pada diri peserta didik, membantu mereka memahami esensi pendidikan karakter.
  3. Tujuan Akhir Pembelajaran:
    • Menjadi tujuan akhir seluruh pembelajaran, program, dan kegiatan di satuan pendidikan. Profil Pelajar Pancasila menjadi acuan utama dalam merancang kegiatan pendidikan sehingga setiap elemen pembelajaran dapat berkontribusi pada pembentukan karakter yang diinginkan

Baca juga: Mengapa Kurikulum Perlu Berubah? Ini Alasannya

Profil Pelajar Pancasila tidak hanya menjadi pedoman, tetapi juga cerminan dari tujuan mulia pendidikan di Indonesia. Dengan menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila melalui profil ini, diharapkan peserta didik dapat tumbuh menjadi individu yang beriman, bertakwa, mandiri, dan mampu bersinergi dalam keberagaman global. Profil Pelajar Pancasila ini menjadi landasan kokoh dalam mencetak generasi penerus yang berintegritas, berkarakter, dan berkontribusi positif bagi bangsa dan negara.