ATIS, Pushback dan Taxi

Ringkasan Komunikasi ATIS

Setelah muncul, pilot akan secara otomatis disetel ke frekuensi ATIS jika saat ini dikelola oleh Pengendali. ATIS saat ini akan terus disiarkan hingga pilot berhenti.

 

Disetel ke ATIS
Disetel ke ATIS

 

  1. Saat ATIS disiarkan, ATIS akan muncul di bagian atas layar Anda.
  2. Pemberitahuan di layar akan muncul untuk memberi tahu Anda bahwa Anda telah disetel secara otomatis ke frekuensi aktif. Anda dapat mengetuknya untuk menutup pesan.
  3. Tombol Komunikasi (ikon headset) dapat diketuk untuk mengubah frekuensi, mengirim/menanggapi pesan ATC dan untuk melihat log pesan.

 

Kotak Komunikasi ATIS
Kotak Komunikasi ATIS

 

  1. Sudut kiri atas kotak komunikasi menunjukkan dari bandara mana pengontrol masing-masing mentransmisikan, elevasi, dan frekuensi Kontroler. Fasilitas Pengendali dan nama tampilannya ditampilkan di baris kedua dan METAR bandara di baris ketiga.
  2. Tombol kembali dapat digunakan untuk memilih frekuensi lain atau untuk menghilangkan frekuensi saat ini.
  3. Penetapan ketinggian, pos, kecepatan, dan landasan terakhir yang dikeluarkan oleh ATC sebagai pengingat (ini akan dikosongkan sampai instruksi dikirimkan).
  4. Log pesan menampilkan semua riwayat komunikasi, ketuk dua kali untuk hanya menampilkan komunikasi Anda dengan ATC.
Saat mendengarkan ATIS, rencanakan rute taksi Anda ke landasan pacu yang paling memungkinkan Anda akan dikirim berdasarkan posisi dan landasan yang digunakan untuk keberangkatan. Memiliki rute taksi yang direncanakan akan membantu mengurangi beban kerja Anda dan membuat kesalahan pergerakan tanah lebih kecil kemungkinannya!

Definisi ATIS

Di bawah ini adalah dua tabel yang mendefinisikan arti dari semua REMARKS dan NOTAMS yang mungkin ada dalam siaran ATIS:

 CATATAN
CATATAN Niat ATC Aksi Percontohan
No Intersection Departures ATC mengharuskan pilot untuk menggunakan panjang penuh landasan. Pilot harus menahan diri di ujung landasan.
No Pattern Work ATC tidak menerima pekerjaan pola. Pilot tidak boleh mencoba menerbangkan pola di bandara, ini tidak termasuk terbang inbound untuk touch & go landing asalkan pilot kemudian meninggalkan wilayah udara.
Flow Control ATC mengendalikan tingkat keberangkatan. Pilot harus mengantisipasi keberangkatan yang tertunda.
Long Taxi ATC tidak boleh mengirimkan keberangkatan ke runway terdekat. Pilot harus berharap untuk dikirim ke landasan pacu yang membutuhkan waktu taksi yang lama.
Gate Hold ATC perlu membekukan semua pergerakan ground yang keluar. Pilot harus menahan di gerbang mereka sampai penangguhan dicabut, jangan mengirim permintaan pushback duplikat.
No Light Aircraft Pesawat ringan (XCub, C172, P38, SR22, dan Spitfire) tidak diperbolehkan di wilayah udara atau di bandara. Pilot, jika menerbangkan pesawat ringan, harus mengalihkan atau respawn di bandara yang berbeda.
Rolling Departure ATC ingin mempercepat keberangkatan. Ketika diizinkan untuk lepas landas, pilot harus memasuki landasan dan segera memulai take-off roll mereka.
Flight Plan Required ATC ingin pilot mengajukan rencana penerbangan sebelum pushback/taxi. Pilot harus mengajukan rencana penerbangan sebelum meminta pushback.
Straight Out Departures ATC ingin pesawat untuk mempertahankan arah landasan sampai ketinggian yang dikirim dengan izin lepas landas tercapai DAN mereka bebas dari lalu lintas. Pilot harus terbang lurus sampai pada ketinggian yang ditentukan DAN bebas dari semua lalu lintas sebelum membuat perubahan arah.
Multiple Frequencies in Use Pengendali menggunakan beberapa frekuensi untuk mengatur lalu lintas. Pilot harus memeriksa ATIS untuk frekuensi kontak dari posisi mereka saat ini, dan siap untuk mengubah frekuensi kapan saja.
Check Forum for Event Information ATC merujuk pilot ke instruksi khusus di halaman IFC (yaitu FNF, VARB Summit) Pilot harus memeriksa forum sebelum terbang.
SID/STAR Use Recommended Penggunaan SID/STAR tidak penting untuk manajemen lalu lintas tetapi disarankan. Pilot harus menambahkan SID/STAR ke rencana penerbangan mereka.
SID/STAR Use Required Penggunaan SID/STAR sangat penting untuk manajemen lalu lintas atau acara. Pilot harus menambahkan SID/STAR pilihan ATC ke rencana penerbangan mereka.

 

 NOTAM
NOTAM Niat ATC Aksi Percontohan
Event in Progres Sebuah acara sedang berlangsung. Pilot mungkin mengalami penundaan atau, tergantung pada acaranya, tidak akan diizinkan untuk berpartisipasi.
Size Restrictions in Place Bandara tidak dapat menangani pesawat berukuran tertentu. Pilot harus memikirkan ukuran pesawat mereka dalam kaitannya dengan bandara.
Low Visibility Visibilitas rendah telah dilaporkan. Pilot harus mengharapkan visibilitas rendah.

Ringkasan Komunikasi Pushback

Langkah 1
Pilih frekuensi Ground yang aktif

 

Frekuensi Tanah Aktif
Frekuensi Tanah Aktif

 

Langkah 2
Ketuk “Request Pushback”

 

Minta Penangguhan
Minta Penangguhan

 

Jika Anda berada di tempat parkir yang tidak memerlukan pushback, atau di dalam pesawat yang tidak dapat melakukan pushback – maka pastikan untuk meminta taksi saja saat Anda sudah siap!
Langkah 3
Ketuk “Send” atau “Request Specific Runway” (jika Anda meminta landasan pacu, landasan pacu yang tersedia akan muncul untuk dipilih, ketuk landasan pacu yang diinginkan untuk permintaan yang akan dikirim)

 

Kirim Permintaan Penangguhan
Kirim Permintaan Penangguhan

 

Jika Anda akan meminta landasan tertentu, pastikan itu digunakan di ATIS terlebih dahulu!
Langkah 4
Saat Anda menerima izin pushback Anda (atau komunikasi lain dari Pengontrol), tombol Komunikasi akan berkedip kuning dan pesan akan muncul di bagian atas layar, ketuk tombol Komunikasi untuk “Reply” ke pesan

 

Membalas Izin Pushback
Membalas Izin Pushback

 

Ketika Anda menerima izin pushback Anda, Anda mungkin diminta untuk mengharapkan landasan pacu tertentu – pastikan untuk mendorong ke arah yang memungkinkan Anda untuk taksi ke landasan masing-masing!

Ringkasan Komunikasi Taksi

Langkah 1
Ketuk “Request Taxi”

 

Minta Taksi
Minta Taksi

 

Langkah 2
Ketuk “Active Runway” untuk mengirim pesan, atau “Request Specific Runway” (jika Anda meminta landasan pacu, landasan pacu yang tersedia akan muncul untuk dipilih, ketuk landasan pacu yang diinginkan untuk permintaan yang akan dikirim)

 

Kirim Permintaan Taksi
Kirim Permintaan Taksi

 

Jika Anda akan meminta landasan pacu tertentu, pastikan digunakan untuk keberangkatan di ATIS!
Langkah 3
Saat Anda menerima izin taksi Anda (atau komunikasi lain dari Pengendali), tombol Komunikasi akan berkedip kuning dan pesan akan muncul di bagian atas layar, ketuk tombol Komunikasi untuk “Reply” pesan tersebut

 

Membalas Izin Taksi
Membalas Izin Taksi

 

Tabel Komunikasi Pushback dan Taksi

Di bawah ini adalah semua perintah ATC yang dapat dikirim ke pilot oleh Pengendali Darat dan apa yang dapat diminta atau ditanggapi oleh pilot:

 Pilot ke Ground Controller
Permintaan/Pesan Kapan Mengirim Kapan Tidak Mengirim
Request Taxi to an Active Runway Dikirim ketika pilot tidak memiliki preferensi landasan pacu. Pilot tidak boleh mengirim ini ketika mereka secara aktif mendorong kembali.
Request Taxi to a Specific Runway Dikirim ketika pilot memiliki preferensi landasan pacu. Pilot tidak boleh meminta landasan pacu yang tidak aktif, ditentukan oleh ATIS saat ini.
Request Pushback Ketika pilot ingin melakukan pushback, mereka harus meminta izin pushback. Ini tidak boleh diminta jika pengguna mengemudikan pesawat tanpa kemampuan pushback (C172, C208, TBM-930, SR22, XCub, F18, F22, F16, F14, A-10, Spitfire, atau P-38) atau berada di tempat parkir yang tidak memerlukan pushback.
Request Runway Crossing Jika rute taksi pilot mengharuskan mereka untuk melintasi landasan pacu, mereka harus meminta izin untuk menyeberang. Runway yang diminta harus sama dengan runway yang digunakan. Dalam keadaan lain apa pun.
Request Frequency Change Pilot harus meminta perubahan frekuensi jika mereka ingin mengubah frekuensi dan belum diberi izin untuk melakukannya. Pilot tidak boleh meminta perubahan frekuensi dari Ground saat mereka meluncur ke landasan pacu. Perubahan frekuensi termasuk dalam instruksi taksi (“Hubungi Menara jika sudah siap”).

 

Ground Controller ke Pilot
Instruksi/Pesan Niat ATC Aksi Percontohan
Taxi to Runway, Contact Tower when Ready ATC telah mengizinkan pilot untuk naik taksi ke Runway XX. Pilot harus mulai melakukan taxi ke landasan yang ditentukan.
Pushback Approved ATC telah memberikan izin pilot untuk pushback. Pilot harus mendorong kembali ke taxiway.
Hold Position ATC ingin pilot segera menghentikan pesawatnya. Jika di gerbang, pilot harus menunggu sampai izin pushback diberikan. Jika pilot sedang taxi, mereka harus menghentikan pesawat dan menunggu instruksi “Lanjutkan Taksi”.
Continue Taxi ATC mencabut instruksi “Tahan Posisi” mereka. Pilot dapat melanjutkan taksi.
Hold Short of Runway ATC ingin pilot menahan landasan pacu. Pilot harus menahan seluruh pesawatnya di belakang hold line.
Cross Runway ATC telah mengizinkan pilot untuk melintasi landasan. Pilot harus melintasi landasan. Jika “Tolong Percepat” disertakan, pilot harus mempercepat penyeberangan.
Give Way to Aircraft ATC ingin pilot memberi jalan kepada pesawat lain. Pilot harus menyerah pada masing-masing pesawat.
Expect Progressive Taxi Instructions ATC akan menggunakan instruksi taksi progresif. Pilot harus melanjutkan seperti biasa sampai diberikan instruksi lebih lanjut.
Turn Left/Right Next Taxiway ATC ingin pilot berbelok ke kiri/kanan (masing-masing) di taxiway berikutnya. Pilot harus berbelok ke kiri/kanan (masing-masing) di taxiway berikutnya dan melanjutkan taxi sampai diberikan instruksi lebih lanjut.
Continue Straight Ahead ATC ingin pilot melanjutkan lurus di taxiway yang mereka gunakan saat ini. Pilot harus tetap berada di taxiway sampai diberikan instruksi lebih lanjut.
Make a 180 ATC ingin pilot berbelok 180º. Pilot harus berbalik dan menunggu instruksi lebih lanjut.
Follow Aircraft Ahead ATC ingin pilot mengikuti pesawat di depan. Pilot harus mengikuti pesawat di depan sampai diberikan instruksi lebih lanjut.
Continue Taxi at your Discretion ATC ingin memberi tahu pilot bahwa mereka tidak lagi tunduk pada instruksi taksi progresif. Pilot dapat melanjutkan taksi mereka atas kebijaksanaan mereka sendiri. Jika ada instruksi taksi lain yang diberikan, mereka harus mengikutinya.