Fungsi-Fungsi Dasar Air Traffic Control

Air Traffic Control

 

Halaman ATC
Halaman ATC

 

  1. Pilih frekuensi Anda menggunakan tombol Pilihan Stasiun
  2. Ada berbagai server untuk pengalaman yang berbeda, pilih tombol Server untuk memilih yang paling cocok untuk Anda (perhatikan bahwa Server Pakar memiliki akses terbatas untuk mengontrol)
  3. Tabel Status Wilayah Udara membantu menunjukkan kepada Anda berapa banyak pesawat yang masuk ke bandara tertentu dan apakah bandara tersebut memiliki ATC aktif. Anda dapat mengetuk tombol segarkan untuk memastikannya sudah diperbarui sebelum Anda memutuskan tempat untuk mengontrol
  4. Siap untuk pergi kontrol? Ketuk tombol Kontrol untuk memulai

Pemilihan Stasiun

Memilih frekuensi sangat mirip dengan memilih bandara dan posisi parkir jika Anda akan terbang. Bola dunia ditampilkan dengan cara yang sama, dan Anda dapat menggunakan fitur di bawah ini untuk memilih dari mana harus memulai, atau memperbesar dengan jari Anda!

 

Halaman Peta ATC
Halaman Peta ATC

 

  1. Fungsi pencarian memungkinkan Anda menemukan bandara yang Anda inginkan dengan mudah. Jika Anda mengetahui kode empat huruf ICAO (misalnya KSFO untuk San Francisco Intl.) maka Anda dapat mengetik beberapa atau semua ini, dan daftar opsi akan muncul. Atau, cukup ketik beberapa atau semua nama kota/bandara
  2. Titik biru menandakan bandara yang memiliki fasilitas menara (walaupun belum tentu memiliki ATC aktif). Kami juga menggunakan berbagai warna untuk memberi Anda gambaran seperti apa cuacanya. Lihat tabel di bawah ini:
    Indikasi Arti
    Aturan Penerbangan Visual
    Aturan Penerbangan Visual Marjinal
    Aturan Penerbangan Instrumen
  3. Titik magenta menandakan bandara yang tidak terkendali. Warna yang sama dengan titik biru digunakan untuk menunjukkan cuaca. Perhatikan tabel di atas
  4. Terlalu diperbesar? Tidak masalah, cukup ketuk “Reset Zoom” jika Anda ingin memperkecil lagi
  5. Kode warna landasan pacu membantu Anda mengetahui dari mana angin berasal. Namun, sebagai pengontrol, Anda harus memilih landasan pacu dengan mempertimbangkan tata letak taxiway bandara, di mana lalu lintas saat ini berada, seperti apa cuacanya sekarang, dan seperti apa prakiraan cuacanya. Lihat tabel di bawah ini:
    Indikasi Arti
    Angin sakal di atas 3kt (atau angin dari segala arah saat di bawah 3kt) – landasan pacu direkomendasikan
    Crosswind di atas 3kts
    Tailwind di atas 3kts – landasan tidak direkomendasikan
    Pesawat suka lepas landas dan mendarat di angin, cobalah untuk memilih landasan pacu dengan angin sakal jika Anda bisa!
  6. Anda dapat memilih satu atau lebih frekuensi untuk dikontrol, dan bergantung pada server, kualifikasi pengontrol mungkin memengaruhi apa yang dapat Anda kontrol juga
  7. Kerucut merah menandakan landasan pacu yang memiliki pendekatan Sistem Pendaratan Instrumen (ILS) ke ambang landasan tersebut. Kerucut putih menandakan pendekatan Sistem Pemosisian Global (GPS)

Server

Berbagai server langsung yang tersedia untuk digunakan ditampilkan di sini. Setiap server memiliki seperangkat aturan dan persyaratan nilai minimumnya sendiri, pastikan untuk memeriksanya sebelum mencoba bergabung!

 

Halaman Server
Halaman Server

 

Server Keterangan Nilai Minimal
Casual Server ini dapat diakses oleh semua grade. ATC tidak tersedia dan pilot dapat terbang bebas tanpa mempengaruhi statistik atau grade mereka. Semua pengguna harus tetap menghormati dan sopan kepada pilot lain T/A
Expert Ini adalah server di mana aturan yang diterbitkan harus dipatuhi. Semua prosedur secara ketat ditegakkan oleh ATC. Pelanggaran dapat mengakibatkan Pelanggaran yang dikeluarkan 3*
IFATC** Server ini dicadangkan untuk pelatihan IFATC, tes pendekatan, dan pembuatan film tutorial. Semua pengendalian dan terbang di luar ini akan tetap berada di Server Pakar, penyalahgunaan dapat mengakibatkan penangguhan T/A
Training Server ini digunakan untuk melatih keterampilan pilot dan ATC. Semua fasilitas ATC (kecuali ATIS) dapat diakses dan prosedur ditegakkan dengan Pelanggaran 2