Cara Mengembalikan Chat WA Yang Terhapus Permanen Tanpa Dicadangkan

cara mengembalikan chat wa yang terhapus permanen tanpa dicadangkan

WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia, digunakan oleh jutaan orang untuk berkomunikasi setiap hari. Namun, terkadang kita mungkin secara tidak sengaja menghapus percakapan penting dari WhatsApp dan merasa frustasi karena kehilangannya. Jika Anda mengalami hal ini, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengembalikan chat wa yang terhapus permanen tanpa dicadangkan.

Cara Mengembalikan Chat WA Yang Terhapus Permanen Tanpa Dicadangkan:

Pengaturan Chat WhatsApp

  1. Buka WhatsApp:
    • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda. Pastikan Anda masuk dengan nomor telepon yang sama yang digunakan saat Anda kehilangan chat.
  2. Periksa Chats yang Terhapus:
    • Beralih ke tab “Chats” di WhatsApp dan periksa apakah chat yang terhapus muncul di sana. Terkadang, chat yang dihapus masih bisa ditemukan di dalam folder “Sampah”.
  3. Pulihkan dari Folder Sampah:
    • Jika chat yang dihapus muncul di folder “Sampah”, tahan chat tersebut untuk memilihnya, lalu ketuk ikon keranjang dan pilih opsi “Pulihkan”.

Pengaturan Sistem Ponsel

  1. Cari File Backup Lokal (Android):
    • Jika Anda menggunakan perangkat Android, Anda dapat mencari file backup chat WhatsApp di penyimpanan internal ponsel Anda. Cari folder “WhatsApp” di penyimpanan internal, lalu periksa apakah ada file backup chat yang tersimpan di sana.
  2. Gunakan Aplikasi Recovery (Android):
    • Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memulihkan data di perangkat Android, seperti Dr.Fone – Data Recovery. Unduh dan instal aplikasi ini, lalu ikuti petunjuknya untuk memulihkan chat WhatsApp yang terhapus.
  3. Pulihkan dari iTunes (iPhone):
    • Jika Anda menggunakan iPhone, Anda dapat mencoba memulihkan chat WhatsApp yang terhapus melalui iTunes jika Anda memiliki cadangan iPhone yang tersimpan di komputer Anda. Hubungkan iPhone Anda ke komputer, buka iTunes, pilih perangkat Anda, lalu pilih opsi “Restore Backup” untuk mengembalikan data dari cadangan.

Gunakan Aplikasi Recovery Data WhatsApp

  1. Unduh Aplikasi Recovery Data (Android atau iPhone):
    • Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memulihkan data WhatsApp yang terhapus, seperti Wondershare Recoverit, Tenorshare UltData, atau iMobie PhoneRescue. Unduh dan instal salah satu aplikasi ini sesuai dengan perangkat Anda.
  2. Scan Perangkat Anda:
    • Jalankan aplikasi recovery data yang dipilih di perangkat Anda, lalu ikuti petunjuknya untuk memindai perangkat Anda dan mencari data WhatsApp yang terhapus.
  3. Pulihkan Chat yang Terhapus:
    • Setelah proses pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar chat WhatsApp yang terhapus. Pilih chat yang ingin Anda pulihkan, lalu ikuti petunjuknya untuk memulihkan chat tersebut ke perangkat Anda.

Catatan Penting:

  • Pastikan untuk segera bertindak setelah Anda menyadari bahwa chat WhatsApp Anda telah terhapus, karena semakin lama Anda menunggu, semakin kecil kemungkinan Anda untuk memulihkan chat tersebut.
  • Jangan lupa untuk mencadangkan chat WhatsApp secara teratur ke Google Drive (untuk Android) atau iCloud (untuk iPhone) untuk menghindari kehilangan data di masa depan.
  • Baca juga: Kenapa Chat WA Tiba-Tiba Hilang Padahal Tidak Dihapus

Mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus tanpa cadangan bisa menjadi proses yang rumit, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen tanpa dicadangkan, Anda mungkin dapat memulihkan sebagian atau seluruh chat yang hilang. Jika Anda tidak berhasil mengembalikan chat WhatsApp Anda, Anda juga dapat mencoba menghubungi dukungan pelanggan WhatsApp untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Ingatlah untuk mem-backup secara teratur data WhatsApp Anda agar dapat dengan mudah mengembalikannya jika terjadi masalah di masa depan.