Cara Mengembalikan Foto Whatsapp Yang Terhapus Permanen Di Android

cara mengembalikan foto whatsapp yang terhapus permanen di android

Foto-foto yang dikirim dan diterima melalui WhatsApp sering kali memiliki nilai emosional atau penting bagi penggunanya. Namun, terkadang kita bisa secara tidak sengaja menghapus foto WhatsApp yang kita anggap penting dan merasa frustasi karena kehilangannya. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengembalikan foto whatsapp yang terhapus permanen di android.

Cara Mengembalikan Foto Whatsapp Yang Terhapus Permanen Di Android:

1: Pencarian di Folder WhatsApp

  1. Buka Penyimpanan Internal:
    • Buka aplikasi “File Manager” atau “Penyimpanan” di perangkat Android Anda untuk mengakses penyimpanan internal.
  2. Cari Folder WhatsApp:
    • Di dalam penyimpanan internal, cari dan buka folder “WhatsApp”.
  3. Pilih Folder Media:
    • Di dalam folder “WhatsApp”, temukan dan buka folder “Media”.
  4. Cari Folder WhatsApp Images:
    • Di dalam folder “Media”, Anda akan menemukan folder “WhatsApp Images”. Buka folder ini untuk melihat semua foto yang diterima dan disimpan melalui WhatsApp.
  5. Periksa Folder Sent:
    • Selain itu, periksa juga folder “Sent” di dalam folder “WhatsApp Images” untuk melihat foto-foto yang Anda kirimkan.

2: Pemeriksaan di Galeri

  1. Buka Aplikasi Galeri:
    • Buka aplikasi “Galeri” di perangkat Android Anda.
  2. Cari Folder WhatsApp:
    • Di dalam aplikasi Galeri, cari dan buka folder yang disebut “WhatsApp” atau “WhatsApp Images”.
  3. Pemeriksaan Folder Lainnya:
    • Selain folder WhatsApp, periksa juga folder lainnya seperti “Albums” atau “All Photos” untuk melihat apakah foto WhatsApp muncul di sana.

3: Pemulihan dengan Aplikasi Recovery Data

  1. Unduh Aplikasi Recovery Data:
    • Unduh dan instal aplikasi pihak ketiga yang dirancang untuk memulihkan data yang terhapus dari perangkat Android Anda. Contoh aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah Wondershare Recoverit, EaseUS MobiSaver, atau DiskDigger.
  2. Jalankan Aplikasi dan Pilih Mode Pemulihan:
    • Setelah menginstal aplikasi recovery data, jalankan aplikasi dan pilih mode pemulihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda mencari foto WhatsApp yang terhapus, pilih mode “Photo Recovery”.
  3. Pindai Perangkat Anda:
    • Setelah memilih mode pemulihan, izinkan aplikasi untuk memindai perangkat Android Anda untuk mencari data yang terhapus, termasuk foto WhatsApp.
  4. Pilih Foto yang Ingin Dikembalikan:
    • Setelah proses pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar foto yang terhapus. Pilih foto WhatsApp yang ingin Anda kembalikan.
  5. Mulai Proses Pemulihan:
    • Setelah memilih foto-foto yang ingin Anda pulihkan, ikuti petunjuk pada layar untuk memulai proses pemulihan. Pastikan untuk menyimpan foto-foto yang dipulihkan ke lokasi yang aman.

Catatan Penting:

  • Pastikan untuk segera bertindak setelah Anda menyadari bahwa foto WhatsApp Anda telah terhapus, karena semakin lama Anda menunggu, semakin kecil kemungkinan Anda untuk memulihkan foto tersebut.
  • Beberapa aplikasi recovery data mungkin memerlukan akses root untuk memulihkan data yang hilang. Selalu berhati-hati saat memberikan akses root ke perangkat Anda, dan pastikan untuk memilih aplikasi yang terpercaya.
  • Baca juga: Cara Mengembalikan Chat WA Yang Terhapus Permanen Tanpa Dicadangkan

Kesimpulan:

Mengembalikan foto WhatsApp yang terhapus secara permanen di perangkat Android bisa menjadi proses yang rumit, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah cara mengembalikan foto whatsapp yang terhapus permanen di android dan menggunakan aplikasi recovery data yang sesuai, Anda mungkin dapat memulihkan sebagian atau seluruh foto yang hilang. Penting untuk mengingat bahwa kesabaran dan ketelitian diperlukan dalam proses ini, dan Anda mungkin perlu mencoba beberapa metode sebelum berhasil. Jika Anda tidak berhasil mengembalikan foto WhatsApp Anda, Anda juga dapat mencoba menghubungi dukungan pelanggan WhatsApp untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.