Cara Mengetahui Password WiFi Tetangga Yang Belum Terhubung

cara mengetahui password wifi tetangga yang belum terhubung

Menggunakan internet menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang saat ini. Namun, terkadang kita mungkin memerlukan akses ke WiFi tetangga, entah karena keterbatasan kuota atau alasan lainnya. Meskipun sebaiknya kita selalu menggunakan jaringan WiFi yang sah dan meminta izin kepada pemiliknya, namun, artikel ini akan membahas beberapa cara mengetahui password wifi tetangga yang belum terhubung. Harap diingat, menggunakan jaringan WiFi tanpa izin adalah tindakan yang tidak etis dan bisa melanggar hukum di beberapa negara.

Di era digital saat ini, akses internet menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa situasi mungkin memerlukan kita untuk menggunakan jaringan WiFi dari tetangga, misalnya ketika kuota internet kita habis atau saat membutuhkan koneksi yang lebih cepat. Meski demikian, untuk alasan privasi dan keamanan, sangat penting untuk mendapatkan izin dari pemilik jaringan sebelum mengakses atau menggunakan WiFi mereka. Berikut beberapa metode yang dapat kamu coba untuk mengetahui password WiFi tetangga yang belum terhubung.

 

Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga Yang Belum Terhubung:

1. Menggunakan Command Prompt di Windows

Langkah-langkah:

  1. Buka Command Prompt: Tekan Windows + R, ketik cmd, lalu tekan Enter.
  2. Tampilkan Daftar WiFi: Ketik netsh wlan show profiles dan tekan Enter. Ini akan menampilkan daftar semua jaringan WiFi yang pernah terhubung ke komputer tersebut.
  3. Lihat Password WiFi: Untuk mengetahui password suatu jaringan, ketik netsh wlan show profile name=NAMA_WIFI key=clear, gantilah NAMA_WIFI dengan nama WiFi yang ingin kamu ketahui passwordnya.

2. Menggunakan Aplikasi WiFi Password Recovery (Android)

Ada beberapa aplikasi di Google Play Store yang bisa membantu kamu menemukan password WiFi yang pernah terhubung ke ponsel Android kamu, seperti WiFi Password Recovery atau WiFi Key Recovery.

Langkah-langkah:

  1. Unduh dan Install Aplikasi: Buka Google Play Store, cari aplikasi WiFi Password Recovery atau WiFi Key Recovery, lalu unduh dan install.
  2. Buka Aplikasi: Setelah terinstall, buka aplikasi tersebut.
  3. Lihat Password: Aplikasi akan menampilkan daftar jaringan WiFi yang pernah terhubung ke ponsel kamu beserta passwordnya.

3. Menggunakan Software Penetration Testing (Hanya untuk Penelitian)

Langkah-langkah:

  1. Unduh dan Install Software: Ada beberapa software seperti Aircrack-ng atau Wireshark yang dapat digunakan untuk memecahkan password WiFi. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan software ini harus sesuai dengan etika dan hukum yang berlaku.
  2. Gunakan Software: Ikuti instruksi yang ada dalam software tersebut untuk memindai dan memecahkan password WiFi.

4. Meminta Langsung ke Tetangga

Cara yang paling etis dan aman adalah dengan langsung meminta password WiFi kepada tetangga. Komunikasi yang baik dengan tetangga akan mempermudah proses ini.

 

 

 

Itulah cara mengetahui password wifi tetangga yang belum terhubung. Menggunakan jaringan WiFi tanpa izin adalah tindakan yang tidak etis dan bisa melanggar hukum. Oleh karena itu, sebaiknya selalu gunakan jaringan WiFi dengan cara yang benar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jika memang kamu memerlukan akses ke WiFi tetangga, alangkah baiknya untuk selalu mendapatkan izin terlebih dahulu. Selain itu, selalu pertimbangkan privasi dan keamanan data pribadi saat menggunakan jaringan WiFi, baik itu jaringan sendiri maupun jaringan milik orang lain.