Cara Mengetahui Siapa Yang Melihat Profil WhatsApp Kita Tanpa Aplikasi

cara mengetahui siapa yang melihat profil whatsapp kita tanpa aplikasi

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Banyak pengguna yang penasaran ingin tahu siapa saja yang telah melihat profil mereka. Meskipun ada banyak aplikasi pihak ketiga yang menawarkan layanan ini, penggunaan aplikasi semacam itu bisa melanggar kebijakan privasi dan ketentuan penggunaan WhatsApp. Namun, ada beberapa metode aman yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui siapa saja yang telah melihat profil WhatsApp kamu tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Artikel ini akan membahas cara mengetahui siapa yang melihat profil WhatsApp kita tanpa aplikasi tersebut.

Kenapa Penting Mengetahui Siapa yang Melihat Profil WhatsApp?

Mengetahui siapa yang telah melihat profil WhatsApp kita bisa memberikan gambaran tentang siapa saja yang tertarik atau sering memeriksa profil kita. Ini bisa menjadi informasi yang berguna untuk berbagai alasan, termasuk untuk keamanan, privasi, atau hanya sekedar rasa penasaran.

 

Cara Mengetahui Siapa Yang Melihat Profil WhatsApp Kita Tanpa Aplikasi

1. Laporan Bacaan Pesan (Read Receipts)

Fitur read receipts pada WhatsApp sebenarnya bisa memberikan petunjuk siapa saja yang telah melihat pesan yang kamu kirim.

  • Langkah-langkah:
    • Buka WhatsApp dan masuk ke chat dengan kontak yang ingin kamu cek.
    • Kirim pesan teks atau media lainnya ke kontak tersebut.
    • Lihat apakah centang berubah menjadi dua centang biru. Jika ya, ini berarti pesan kamu telah dibaca oleh kontak tersebut.

2. Laporan Status (WhatsApp Stories)

Jika kamu membagikan status di WhatsApp, kamu bisa melihat siapa saja yang telah melihat status kamu.

  • Langkah-langkah:
    • Buka WhatsApp dan pilih tab “Status”.
    • Ketuk status yang telah kamu unggah.
    • Geser ke atas pada layar untuk melihat daftar kontak yang telah melihat status kamu.

3. WhatsApp Web/Desktop

Jika kamu menggunakan WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop, kamu juga bisa melihat siapa saja yang telah melihat profil atau status kamu.

  • Langkah-langkah:
    • Buka WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop.
    • Pilih chat dengan kontak yang ingin kamu cek.
    • Lihat pada panel sebelah kanan, akan muncul detail kapan kontak tersebut terakhir online. Meskipun ini tidak memberitahu secara spesifik melihat profil atau tidak, namun bisa memberikan indikasi aktifitas kontak tersebut.

4. Aplikasi Pihak Ketiga (Tidak Disarankan)

Sebelumnya disebutkan bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga bisa melanggar kebijakan privasi dan ketentuan penggunaan WhatsApp. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, pastikan untuk memeriksa ulasan dan reputasi aplikasi tersebut terlebih dahulu.

 

Baca juga: Bagaimana Cara Agar Nomor Tidak Dikenal tidak Bisa WhatsApp?

 

Meskipun tidak ada cara resmi dari WhatsApp untuk mengetahui secara spesifik siapa saja yang telah melihat profil kamu, beberapa metode cara mengetahui siapa yang melihat profil WhatsApp kita tanpa aplikasi di atas dapat memberikan indikasi atau gambaran siapa saja yang telah berinteraksi dengan konten yang kamu bagikan di WhatsApp. Selalu ingat untuk menggunakan metode yang aman dan menghormati privasi pengguna lain saat mencari informasi semacam ini.