Mendarat dan Taksi ke Area Parkir

Cara Komunikasi Saat Mendarat

Langkah 1
Pilih frekuensi Menara yang aktif
Langkah 2
Ketuk “Panggilan Masuk”

 

Panggilan Masuk
Panggilan Masuk

 

Langkah 3
Pilih niat Anda (baik “Mendarat” atau “Sentuh dan Pergi”)

 

Maksud
Maksud

 

Langkah 4
Pilihan berikut kemudian akan ditampilkan:
Komunikasi Kapan Mengirim
Send Saat tidak diizinkan untuk didekati oleh Pengendali Radar
Request Specific Runway Saat tidak diizinkan untuk didekati oleh Pengendali Radar
On the ILS Setelah dibersihkan untuk Pendekatan ILS oleh Pengendali Radar
On the GPS Setelah dibersihkan untuk Pendekatan GPS oleh Pengendali Radar
On the Visual Setelah dibersihkan untuk Pendekatan Visual oleh Pengendali Radar

 

Jenis
Jenis

 

Langkah 5
Jika opsi selain “Kirim” dipilih, Anda akan diberikan opsi untuk memilih landasan pacu. Pastikan untuk mengirim penugasan landasan pacu yang dikeluarkan saat dibersihkan oleh Radar (atau jika tidak ada Pengendali Radar, kirim landasan pacu yang digunakan untuk pendaratan dan/atau paling sesuai berdasarkan posisi Anda)

 

Kirim
Kirim

 

Langkah 6
Berdasarkan panggilan masuk yang dikirim, akan menentukan respons apa yang akan ditanggapi oleh Tower Controller:
Komunikasi Terkirim Tanggapan dari Menara
Send Entri Pola, Urutan (jika diperlukan), Nomor [urutan] Dihapus ke [Tanah/Untuk Opsi]
Request Specific Runway Entri Pola, Urutan (jika diperlukan), Nomor [urutan] Dihapus ke [Tanah/Untuk Opsi]
On the ILS Nomor [urutan] Dihapus ke [Tanah/Untuk Opsi]
On the GPS Nomor [urutan] Dihapus ke [Tanah/Untuk Opsi]
On the Visual Urutan (jika diperlukan), Nomor [urutan] Dihapus ke [Tanah/Untuk Opsi]

 

Terkirim
Terkirim

 

Langkah 7
Saat Anda menerima izin Anda (atau komunikasi lain dari Pengendali), tombol Komunikasi akan berkedip kuning dan pesan akan muncul di bagian atas layar, ketuk tombol Komunikasi untuk “Balas” pesan tersebut

 

Membalas Izin Pendaratan
Membalas Izin Pendaratan

 

Tabel Komunikasi Pendaratan

Di bawah ini adalah semua perintah ATC yang dapat dikirim ke pilot oleh Tower Controller dan apa yang dapat diminta atau ditanggapi oleh pilot:

 Pilot ke Tower Controller
Permintaan/Pesan (Di Udara) Kapan Mengirim Kapan Tidak Mengirim
Inbound for Landing Pilot harus mengirimkan ini jika mereka tidak menerima izin pendekatan atau diberikan vektor radar atau mengikuti penerbangan. Dalam keadaan lain apa pun.
Inbound on the ILS Pilot harus memanggil masuk pada ILS jika mereka diizinkan untuk pendekatan ILS. Dalam keadaan lain apa pun.
Inbound on the GPS Pilot harus memanggil inbound di GPS jika mereka diizinkan untuk pendekatan GPS. Dalam keadaan lain apa pun.
Inbound on the Visual Pilot harus memanggil masuk pada visual jika mereka diizinkan untuk pendekatan visual. Dalam keadaan lain apa pun.
Announce Go Around Alasan untuk pergi sekitar termasuk pendekatan yang tidak stabil, landasan pacu terhalang oleh pesawat terbang, atau kehilangan jarak dengan pesawat di depan. Dalam keadaan lain apa pun.
Request Departure Pilot harus meminta keberangkatan ketika keluar dari wilayah udara Tower setelah terbang dalam pola. Dalam keadaan lain apa pun.
Report Position Pilot harus melaporkan posisi mereka jika mereka belum dibebaskan dan akan mendarat sebentar. Dalam keadaan lain apa pun.
Report Position – Full Stop Pilot dapat mengirimkan ini untuk menginformasikan ATC bahwa mereka akan mendarat setelah terbang dalam pola tersebut. Dalam keadaan lain apa pun.
Request Runway Change Pilot dapat meminta perubahan landasan pacu jika mereka ingin mengubah landasan pacu saat dalam pola atau setelah menelepon masuk. Dalam keadaan lain apa pun.
Request Transition Jika pilot akan terbang melalui wilayah udara Tower, mereka harus meminta transisi. Dalam keadaan lain apa pun.
Request Frequency Change Pilot harus meminta perubahan frekuensi jika mereka ingin mengubah frekuensi dan belum diberi izin untuk melakukannya. Dalam keadaan lain apa pun.
Announce Missed Approach Jika pendekatan pilot tidak terlihat tepat karena alasan apa pun, mereka harus mengumumkan pendekatan yang terlewat. Dalam keadaan lain apa pun.

 

 Tower Controller ke Pilot
Instruksi/Pesan Niat ATC Aksi Percontohan
Cleared for Take-Off ATC mengizinkan pilot untuk lepas landas. Pilot harus memulai take-off roll mereka.
Cancel Take-Off Clearance, Hold Position ATC membatalkan izin lepas landas pilot. Pilot harus membatalkan lepas landas dan bertahan di landasan.
Hold Short ATC ingin pilot menahan posisi mereka di luar landasan. Pilot harus melanjutkan ke hold line dan berhenti (Pengendali juga dapat memberi tahu pilot tentang informasi urutan keberangkatan).
Line Up and Wait ATC ingin pilot berbaris di landasan dan mempertahankan posisinya. Pilot harus memasuki landasan pacu, berhenti, dan bersiap untuk lepas landas.
Back Taxi ATC ingin pilot memasuki landasan pacu dan taksi ke ujung yang ditentukan. Pilot harus taksi di landasan pacu dan, tergantung pada instruksi, keluar dan menghubungi Ground atau berbaris dan menunggu.
Exit Runway ATC ingin pilot keluar dari landasan pacu tempat mereka baru saja mendarat. Pilot harus meluncur dari landasan dan menghubungi Ground.
Exit Runway, Cross Runway XX and Contact Ground. ATC ingin pilot keluar dari landasan dengan kecepatan terkendali, melintasi Runway XX, dan menghubungi Ground. Pilot harus membawa pesawat mereka ke kecepatan yang aman, melintasi landasan pacu yang ditentukan, dan menghubungi Ground. Tidak diperlukan komunikasi lebih lanjut dengan Tower.
Exit Runway, Hold Short of Runway XX ATC ingin pilot keluar dari landasan dengan kecepatan yang terkendali dan menahan Runway XX. Pilot harus membawa pesawat mereka ke kecepatan yang terkendali dan menahan pendek di landasan pacu yang ditentukan. Mereka harus tinggal dengan Tower; permintaan penyeberangan runway tidak diperlukan.
Speed at your Discretiona ATC ingin pilot mengatur kecepatan mereka sendiri. Pilot dapat terbang dengan kecepatan aman apa pun, mengikuti batasan kecepatan.
Maintain Present Speed ATC ingin pilot mempertahankan kecepatan mereka saat ini sampai diberitahu sebaliknya. Pilot harus memeriksa kecepatan mereka dan mempertahankannya sampai diberitahu sebaliknya.
Maintain Slowest Practical Speed ATC ingin pilot terbang sepelan yang aman. Pilot harus mengurangi kecepatan mereka sebanyak mungkin.
Maintain Best Forward Speed ATC ingin pilot terbang secepat yang aman. Pilot harus meningkatkan kecepatan mereka sebanyak mungkin.
Adjust Speed to Follow Aircraft Ahead ATC ingin pilot melambat untuk menjaga jarak dengan pesawat di depan. Pilot harus menyesuaikan kecepatan mereka sehingga mereka terbang pada atau kurang dari kecepatan pesawat di depan.

Cara Komunikasi Saat Taksi ke Area Parkir

Langkah 1
Setelah mendarat, segera keluar dari landasan dengan cara yang terkendali. Transmisi keluar juga dapat mencakup arah mana yang harus keluar, dan instruksi tahan tembakan/penyeberangan untuk landasan pacu lainnya

 

Petunjuk Keluar Landasan Pacu
Petunjuk Keluar Landasan Pacu

 

Langkah 2
Saat Anda bisa, ketuk tombol Komunikasi dan balas pesan yang dikirim oleh Pengendali Menara (ini mungkin termasuk instruksi untuk “Hubungi Ground”)

 

Wilco
Wilco

 

Langkah 3
Jika Anda telah diberi izin untuk mengubah frekuensi, ketuk panah kembali di Tab Komunikasi, lalu pilih Frekuensi dasar

 

Hubungi Ground
Hubungi Ground

 

Pastikan Anda membersihkan landasan sepenuhnya sebelum menghubungi Ground – jangan lupa, Anda tidak perlu berhenti total, cobalah terus bergerak untuk efisiensi!
Langkah 4
Setelah Anda mengubah frekuensi, ketuk “Minta Taksi” lalu “Parkir”

 

Minta Taksi ke Parkir
Minta Taksi ke Parkir

 

Langkah 5
: Ketika instruksi taksi diterima (atau komunikasi lain dari Pengendali), tombol Komunikasi akan berkedip kuning dan pesan akan muncul di bagian atas layar, ketuk tombol Komunikasi untuk “Balas” pesan tersebut

 

Balas ke Tanah
Balas ke Tanah

 

Tabel Komunikasi Taksi ke Parkir

Di bawah ini adalah semua perintah ATC yang dapat dikirim ke pilot oleh Pengendali Darat dan apa yang dapat diminta atau ditanggapi oleh pilot:

 Pilot ke Pengendali Darat
Permintaan/Pesan Kapan Mengirim Kapan Tidak Mengirim
Request Taxi to an Active Runway Dikirim ketika pilot tidak memiliki preferensi landasan pacu. Pilot tidak boleh mengirim ini ketika mereka secara aktif mendorong kembali.
Request Taxi to a Specific Runway Dikirim ketika pilot memiliki preferensi landasan pacu. Pilot tidak boleh meminta landasan pacu yang tidak aktif, ditentukan oleh ATIS saat ini.
Request Pushback Ketika pilot ingin melakukan pushback, mereka harus meminta izin pushback. Ini tidak boleh diminta jika pengguna mengemudikan pesawat tanpa kemampuan pushback (C172, C208, TBM-930, SR22, XCub, F18, F22, F16, F14, A-10, Spitfire, atau P-38) atau berada di tempat parkir yang tidak memerlukan pushback.
Request Runway Crossing Jika rute taksi pilot mengharuskan mereka untuk melintasi landasan pacu, mereka harus meminta izin untuk menyeberang. Runway yang diminta harus sama dengan runway yang digunakan. Dalam keadaan lain apa pun.
Request Frequency Change Pilot harus meminta perubahan frekuensi jika mereka ingin mengubah frekuensi dan belum diberi izin untuk melakukannya. Pilot tidak boleh meminta perubahan frekuensi dari Ground saat mereka meluncur ke landasan pacu. Perubahan frekuensi termasuk dalam instruksi taksi (“Hubungi Menara jika sudah siap”).

 

 Pengendali Darat ke Pilot
Instruksi/Pesan Niat ATC Aksi Percontohan
Taxi to Runway, Contact Tower when Ready ATC telah mengizinkan pilot untuk naik taksi ke Runway XX. Pilot harus mulai melakukan taxi ke landasan yang ditentukan.
Pushback Approved ATC telah memberikan izin pilot untuk pushback. Pilot harus mendorong kembali ke taxiway.
Hold Position ATC ingin pilot segera menghentikan pesawatnya. Jika di gerbang, pilot harus menunggu sampai izin pushback diberikan. Jika pilot sedang taxi, mereka harus menghentikan pesawat dan menunggu instruksi “Lanjutkan Taksi”.
Continue Taxi ATC mencabut instruksi “Tahan Posisi” mereka. Pilot dapat melanjutkan taksi.
Hold Short of Runway ATC ingin pilot menahan landasan pacu. Pilot harus menahan seluruh pesawatnya di belakang hold line.
Cross Runway ATC telah mengizinkan pilot untuk melintasi landasan. Pilot harus melintasi landasan. Jika “Tolong Percepat” disertakan, pilot harus mempercepat penyeberangan.
Give Way to Aircraft ATC ingin pilot memberi jalan kepada pesawat lain. Pilot harus menyerah pada masing-masing pesawat.
Expect Progressive Taxi Instructions ATC akan menggunakan instruksi taksi progresif. Pilot harus melanjutkan seperti biasa sampai diberikan instruksi lebih lanjut.
Turn Left/Right Next Taxiway ATC ingin pilot berbelok ke kiri/kanan (masing-masing) di taxiway berikutnya. Pilot harus berbelok ke kiri/kanan (masing-masing) di taxiway berikutnya dan melanjutkan taxi sampai diberikan instruksi lebih lanjut.
Continue Straight Ahead ATC ingin pilot melanjutkan lurus di taxiway yang mereka gunakan saat ini. Pilot harus tetap berada di taxiway sampai diberikan instruksi lebih lanjut.
Make a 180 ATC ingin pilot berbelok 180º. Pilot harus berbalik dan menunggu instruksi lebih lanjut.
Follow Aircraft Ahead ATC ingin pilot mengikuti pesawat di depan. Pilot harus mengikuti pesawat di depan sampai diberikan instruksi lebih lanjut.
Continue Taxi at your Discretion ATC ingin memberi tahu pilot bahwa mereka tidak lagi tunduk pada instruksi taksi progresif. Pilot dapat melanjutkan taksi mereka atas kebijaksanaan mereka sendiri. Jika ada instruksi taksi lain yang diberikan, mereka harus mengikutinya.