Take Off dan Keberangkatan

Lepas landas dan Keberangkatan

Ringkasan Komunikasi Lepas landas

Langkah 1
Pilih frekuensi Menara yang aktif

 

Frekuensi Menara Aktif
Frekuensi Menara Aktif

 

Langkah 2
Ketuk “Minta Keberangkatan”

 

Permintaan Keberangkatan
Permintaan Keberangkatan

 

Langkah 3
Pilih landasan pacu yang Anda pegang pendek lalu ketuk “Berangkat” atau “Tetap dalam Pola”

 

Pilih Landasan Keberangkatan
Pilih Landasan Keberangkatan

 

 

Kirim Permintaan Keberangkatan
Kirim Permintaan Keberangkatan

 

Jika Anda berangkat, Anda perlu memberi tahu Pengendali Menara ke arah mana Anda meninggalkan wilayah udara mereka (yaitu jika SID Anda berangkat ke Selatan, pastikan untuk memilih “Selatan”). Jika Anda bukan yang pertama dalam antrean keberangkatan, Anda dapat menambahkan “Berurutan” di akhir permintaan keberangkatan Anda (Pengendali dapat menyarankan urutan keberangkatan kapan saja selama Anda berada dalam antrian)
Langkah 4
Saat Anda menerima izin lepas landas (atau komunikasi lain dari Pengendali), tombol Komunikasi akan berkedip kuning dan pesan akan muncul di bagian atas layar, ketuk tombol Komunikasi untuk “Balas” pesan tersebut

 

Membalas Izin Lepas landas
Membalas Izin Lepas landas

 

Tabel Komunikasi Lepas landas

Di bawah ini adalah semua perintah ATC yang dapat dikirim ke pilot oleh Tower Controller dan apa yang dapat diminta atau ditanggapi oleh pilot:

 Pilot ke Tower Controller (Di Darat)
Permintaan/Pesan (Di Lapangan) Kapan Mengirim Kapan Tidak Mengirim
Request Departure – Departing Pilot harus meminta keberangkatan jika mereka siap untuk lepas landas dari landasan aktif. Arahnya harus berkorelasi dengan arah pilot akan meninggalkan wilayah udara Tower. “In Sequence” dapat dimasukkan ketika tidak berada di urutan pertama untuk keberangkatan. Dalam keadaan lain apa pun.
Request Departure – Remaining in the Pattern Pilot harus menyatakan bahwa mereka akan tetap dalam pola jika mereka berencana untuk terbang dengan pola (lepas landas dan mendarat di bandara yang sama). “In Sequence” dapat dimasukkan ketika tidak berada di urutan pertama untuk keberangkatan. Dalam keadaan lain apa pun.
Request Runway Crossing Jika pilot bersama pengontrol menara dan ingin melintasi landasan pacu, mereka harus meminta izin untuk melintasi ujung aktif. Dalam keadaan lain apa pun.
Request Frequency Change Pilot harus meminta perubahan frekuensi jika mereka ingin mengubah frekuensi dan belum diberi izin untuk melakukannya. Dalam keadaan lain apa pun.

 

 Pilot ke Tower Controller (Di Udara)
Permintaan/Pesan (Di Udara) Kapan Mengirim Kapan Tidak Mengirim
Inbound for Landing Pilot harus mengirimkan ini jika mereka tidak menerima izin pendekatan atau diberikan vektor radar atau mengikuti penerbangan. Dalam keadaan lain apa pun.
Inbound on the ILS Pilot harus memanggil masuk pada ILS jika mereka diizinkan untuk pendekatan ILS. Dalam keadaan lain apa pun.
Inbound on the GPS Pilot harus memanggil inbound di GPS jika mereka diizinkan untuk pendekatan GPS. Dalam keadaan lain apa pun.
Inbound on the Visual Pilot harus memanggil masuk pada visual jika mereka diizinkan untuk pendekatan visual. Dalam keadaan lain apa pun.
Announce Go Around Alasan untuk pergi sekitar termasuk pendekatan yang tidak stabil, landasan pacu terhalang oleh pesawat terbang, atau kehilangan jarak dengan pesawat di depan. Dalam keadaan lain apa pun.
Request Departure Pilot harus meminta keberangkatan ketika keluar dari wilayah udara Tower setelah terbang dalam pola. Dalam keadaan lain apa pun.
Report Position Pilot harus melaporkan posisi mereka jika mereka belum dibebaskan dan akan mendarat sebentar. Dalam keadaan lain apa pun.
Report Position – Full Stop Pilot dapat mengirimkan ini untuk menginformasikan ATC bahwa mereka akan mendarat setelah terbang dalam pola tersebut. Dalam keadaan lain apa pun.
Request Runway Change Pilot dapat meminta perubahan landasan pacu jika mereka ingin mengubah landasan pacu saat dalam pola atau setelah menelepon masuk. Dalam keadaan lain apa pun.
Request Transition Jika pilot akan terbang melalui wilayah udara Tower, mereka harus meminta transisi. Dalam keadaan lain apa pun.
Request Frequency Change Pilot harus meminta perubahan frekuensi jika mereka ingin mengubah frekuensi dan belum diberi izin untuk melakukannya. Dalam keadaan lain apa pun.
Announce Missed Approach Jika pendekatan pilot tidak terlihat tepat karena alasan apa pun, mereka harus mengumumkan pendekatan yang terlewat. Dalam keadaan lain apa pun.

 

 Pengendali Menara ke Pilot
Instruksi/Pesan Niat ATC Aksi Percontohan
Cleared for Take-Off ATC mengizinkan pilot untuk lepas landas. Pilot harus memulai take-off roll mereka.
Cancel Take-Off Clearance, Hold Position ATC membatalkan izin lepas landas pilot. Pilot harus membatalkan lepas landas dan bertahan di landasan.
Hold Short ATC ingin pilot menahan posisi mereka di luar landasan. Pilot harus melanjutkan ke hold line dan berhenti (Pengendali juga dapat memberi tahu pilot tentang informasi urutan keberangkatan).
Line Up and Wait ATC ingin pilot berbaris di landasan dan mempertahankan posisinya. Pilot harus memasuki landasan pacu, berhenti, dan bersiap untuk lepas landas.
Back Taxi ATC ingin pilot memasuki landasan pacu dan taksi ke ujung yang ditentukan. Pilot harus taksi di landasan pacu dan, tergantung pada instruksi, keluar dan menghubungi Ground atau berbaris dan menunggu.
Exit Runway ATC ingin pilot keluar dari landasan pacu tempat mereka baru saja mendarat. Pilot harus meluncur dari landasan dan menghubungi Ground.
Exit Runway, Cross Runway XX and Contact Ground. ATC ingin pilot keluar dari landasan dengan kecepatan terkendali, melintasi Runway XX, dan menghubungi Ground. Pilot harus membawa pesawat mereka ke kecepatan yang aman, melintasi landasan pacu yang ditentukan, dan menghubungi Ground. Tidak diperlukan komunikasi lebih lanjut dengan Tower.
Exit Runway, Hold Short of Runway XX ATC ingin pilot keluar dari landasan dengan kecepatan yang terkendali dan menahan Runway XX. Pilot harus membawa pesawat mereka ke kecepatan yang terkendali dan menahan pendek di landasan pacu yang ditentukan. Mereka harus tinggal dengan Tower; permintaan penyeberangan runway tidak diperlukan.
Speed at your Discretion ATC ingin pilot mengatur kecepatan mereka sendiri. Pilot dapat terbang dengan kecepatan aman apa pun, mengikuti batasan kecepatan.
Maintain Present Speed ATC ingin pilot mempertahankan kecepatan mereka saat ini sampai diberitahu sebaliknya. Pilot harus memeriksa kecepatan mereka dan mempertahankannya sampai diberitahu sebaliknya.
Maintain Slowest Practical Speed ATC ingin pilot terbang sepelan yang aman. Pilot harus mengurangi kecepatan mereka sebanyak mungkin.
Maintain Best Forward Speed ATC ingin pilot terbang secepat yang aman. Pilot harus meningkatkan kecepatan mereka sebanyak mungkin.
Adjust Speed to Follow Aircraft Ahead ATC ingin pilot melambat untuk menjaga jarak dengan pesawat di depan. Pilot harus menyesuaikan kecepatan mereka sehingga mereka terbang pada atau kurang dari kecepatan pesawat di depan.

Ringkasan Komunikasi Keberangkatan

Langkah 1
Setelah mengudara, tunggu hingga Tower Controller mengirim “Perubahan frekuensi disetujui, selamat siang” atau menyerahkan Anda ke frekuensi aktif lainnya

 

Hubungi Frekuensi Radar
Hubungi Frekuensi Radar

 

Langkah 2
Tombol Komunikasi akan berkedip kuning dan pesan akan muncul di bagian atas layar, ketuk tombol Komunikasi untuk “Balas ke Handoff”

 

Membalas Handoff
Membalas Handoff

 

Langkah 3
Jika Anda dikirimi “Perubahan frekuensi disetujui, selamat siang” maka saat ini tidak ada Pengendali yang aktif di area Anda – kami sarankan hanya menyetel frekuensi saat ini dengan mengetuk “Tune out of [airport ICAO code] Tower” dan melanjutkan perjalanan . Jika Anda telah dialihkan ke frekuensi aktif, itu akan memberi Anda dua opsi, “Kirim & Beralih” (yang akan membalas dan secara otomatis menyetel Anda ke frekuensi berikutnya) atau “Kirim” (yang akan membalas tetapi Anda kemudian akan perlu menyetel ke frekuensi berikutnya secara manual)

 

Kirim dan Beralih
Kirim dan Beralih

 

Langkah 4
Setelah Anda menyetel frekuensi Kontroler Radar, tabel berikut menguraikan permintaan mana yang dapat dikirimkan:
Jenis Keberangkatan Masuk [IFR] Penerbangan Mengikuti [VFR]
Dengan Rencana Penerbangan Ya Ya
Tanpa Rencana Penerbangan Tidak Ya

 

Kontak Awal
Kontak Awal

 

Pastikan untuk hanya membuat SATU permintaan, beberapa transmisi meningkatkan beban kerja Pengendali dan dapat mengakibatkan Pelanggaran !

Meja Komunikasi Keberangkatan

Di bawah ini adalah semua perintah ATC yang dapat dikirim ke pilot oleh Pengendali Radar dan apa yang dapat diminta atau ditanggapi oleh pilot:

 Pilot ke Pengendali Radar
Permintaan/Pesan Kapan Mengirim Kapan Tidak Mengirim
Request Approach Pilot harus meminta pendekatan jika mereka menginginkan ILS, GPS, atau pendekatan visual disediakan. Dalam keadaan lain apa pun.
Request Flight Following Pilot dapat meminta ini jika mereka ingin terbang ke tujuan mereka tanpa menerima pendekatan. Jika disetujui, mereka bebas untuk mengikuti rencana penerbangan mereka dan memiliki kebijaksanaan atas ketinggian mereka. Layanan ini tidak boleh diminta setelah Check In.
Request Radar Vectors Jika pilot tidak menginginkan ILS, GPS, atau pendekatan visual, dan mereka tidak meminta layanan lain, mereka dapat meminta vektor radar. ATC akan membuat vektor mereka ke kaki pola VFR dan menyerahkannya ke Tower/Unicom pada ketinggian pola. Dalam keadaan lain apa pun.
Request Altitude Change Jika pilot berada dalam jarak 1.000 kaki dari medan atau berada dalam jarak 3NM/1.000 kaki dari pesawat lain, mereka harus meminta ini. ATC akan memeriksa lingkungan mereka dan mengambil tindakan jika diperlukan. Pilot juga dapat meminta ini jika mereka ingin mendaki melewati ketinggian jelajah awal mereka. Pilot tidak boleh meminta ini pada saat keberangkatan. Check-in memberikan keleluasaan kepada pilot atas ketinggian mereka.
Executing Missed Approach Pilot dapat mengumumkan pendekatan yang terlewat jika mereka tidak dapat melanjutkan pendekatan mereka. Jika berkeliling, ini harus dikirim ke pengontrol radar setelah kontak. Dalam keadaan lain apa pun.
Check In Check In terutama digunakan dengan Pusat dan Keberangkatan. Persetujuan memberi wewenang kepada pilot untuk mengikuti panduan lateral dan vertikal mereka sendiri yang diajukan dalam FPL mereka. Pilot tidak boleh Check In dengan pendekatan. Sebaliknya, mereka hanya harus meminta pendekatan.
Request Descent via STAR Pilot harus meminta ini jika jaraknya 1 menit dari puncak penurunan (TOD) dan memiliki STAR yang diajukan. Jika Radar memberi tahu pilot untuk menyatakan permintaan pendekatan mereka, pilot tidak boleh meminta penurunan.
Request Frequency Change Pilot harus meminta perubahan frekuensi jika mereka ingin mengubah frekuensi dan belum diberi izin untuk melakukannya. Pilot tidak boleh menggunakan ini dengan tidak sabar. Perubahan frekuensi tidak akan selalu diberikan segera.
Airport In Sight Pilot dapat melaporkan bandara yang terlihat jika mereka dapat melihat bandara saat melakukan pendekatan visual. Dalam keadaan lain apa pun.

 

 Pengendali Radar ke Pilot
Instruksi/Pesan Niat ATC Aksi Percontohan
Continue As Filed ATC ingin pilot terus terbang sesuai kebijaksanaan mereka. Pilot harus melanjutkan seperti yang diajukan; semua perubahan ketinggian dan perubahan arah tidak memerlukan izin.
Resume Own Navigation ATC ingin pilot menavigasi sendiri. Pilot harus terus menavigasi atas kebijakannya sendiri; semua perubahan arah tidak memerlukan izin. Semua perubahan ketinggian bisa.
Speed at Your Discretion ATC ingin pilot mengatur kecepatan mereka sendiri. Pilot dapat terbang dengan kecepatan aman apa pun, mengikuti batasan kecepatan.
Maintain Present Speed ATC ingin pilot mempertahankan kecepatan mereka saat ini sampai diberitahu sebaliknya. Pilot harus memeriksa kecepatan mereka dan mempertahankannya sampai diberitahu sebaliknya.
Maintain Slowest Practical Speed ATC ingin pilot terbang sepelan yang aman. Pilot harus mengurangi kecepatan mereka sebanyak mungkin.
Maintain Best Forward Speed ATC ingin pilot terbang secepat yang aman. Pilot harus meningkatkan kecepatan mereka sebanyak mungkin.
Adjust Speed to Follow Aircraft ahead. ATC ingin pilot melambat untuk menjaga jarak dengan pesawat di depan. Pilot harus menyesuaikan kecepatan mereka sehingga mereka terbang pada atau kurang dari kecepatan pesawat di depan.
Please Expedite Altitude Change ATC ingin pilot mempercepat perubahan ketinggian mereka. Pilot harus meningkatkan kecepatan vertikal mereka untuk turun atau naik dengan cepat.
Amend Flight Plan to Include ATC Preferred STAR. ATC perlu mengatur arus lalu lintas. Pilot harus menambahkan STAR pilihan ATC ke rencana penerbangan mereka.