Fungsi Dasar Autopilot

Autopilot/Pilot otomatis

 

Pilot otomatis
Pilot otomatis

 

  1. Dengan mengetuk simbol Autopilot (AP), akan muncul kotak autopilot yang menampilkan opsi Flight Control Unit (FCU)
Langkah 1
Untuk mengaktifkan autopilot, ketuk tombol “AP OFF” (Anda harus mengudara agar fungsi autopilot bekerja dengan benar). Tombol akan disorot oleh kotak berongga oranye dan akan berubah menjadi “AP ON”
Langkah 2
Mode dasar akan aktif secara otomatis, ini adalah heading saat ini dan kecepatan vertikal (VS)
Langkah 3
Ketinggian (ALT), kecepatan vertikal (VS), kecepatan (SPD), arah (HDG), navigasi vertikal (VNAV), navigasi lateral (LNAV) dan mode pendekatan (APPR) dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan mengetuk setiap simbol. Dengan menekan dan menahan setiap simbol (dengan pengecualian AP, VNAV, LNAV dan APPR), lalu menggerakkan jari Anda ke atas atau ke bawah, nilainya dapat diubah
Langkah 4
Pilihan ketinggian dan heading memiliki bug pirus yang muncul di HUD . Nilai-nilai ini dapat diatur sebelumnya sebelum keterlibatan Autopilot

Penggunaan Approach Mode/Mode Pendekatan

Pesawat dapat dilengkapi dengan mode Approach (APPR) yang memungkinkan autopilot untuk mencegat ILS dan melakukan pendaratan otomatis jika tetap bergerak sampai mendarat. Sebelum menggunakan mode APPR, pastikan untuk memeriksa apakah ILS telah disetel dan ditampilkan.

Saat menekan tombol APPR, tampilan berikut akan ditampilkan di bawahnya:

Mode Pilot Otomatis Arti
“LOC ALT” (berkedip kuning) Mode APPR telah aktif
“LOC” (hijau pekat) dan “ALT” (berkedip kuning) Mode APPR menangkap atau sudah ditetapkan di LOC, G/S aktif dan akan menangkap asalkan Anda berada di bawah G/S
“LOC GS” (hijau pekat) Mode APPR sedang merekam atau sudah ditetapkan pada LOC dan G/S

Untuk hasil terbaik, hanya gunakan mode APPR saat Anda berada di heading intersep untuk ILS (kami sarankan tidak lebih dari 30 derajat). Setelah terlibat, heading masih bisa disesuaikan. Namun begitu pengambilan LOC sedang berlangsung, heading tidak dapat lagi diubah.

Jika LNAV dan VNAV diaktifkan dan tombol APPR diketuk, heading terakhir dan kecepatan vertikal pesawat yang diterbangkan akan dipertahankan, namun hal ini dapat mengakibatkan perilaku autopilot yang tidak normal.