Fungsi Dasar Pada Navigasi

Navigasi

Navigasi GPS

Setelah mengudara, dan asalkan Anda memiliki rencana penerbangan, Navigasi GPS akan tersedia.

Langkah 1
Pastikan saat mengetuk tombol LNAV bahwa “SOURCE” diatur ke GPS di bawah tab Avionics
Langkah 2
Penunjuk Pilihan Kursus magenta (ini adalah radial ke titik jalan Anda berikutnya) dan Bilah Penyimpangan Lateral (menunjukkan penyimpangan dari trek yang diperlukan) akan muncul di HSI . Dengan menjaga ini sejalan, Anda akan tetap di jalur ke titik arah berikutnya. Saat Anda mendekati titik jalan di peta Anda, rencana penerbangan akan secara otomatis berputar ke titik jalan berikutnya dan Penunjuk Pilihan Jalur akan bergerak sehingga Anda dapat mengikuti jalur baru
Langkah 3
Jika Anda menggunakan Autopilot dan LNAV, pesawat akan terus mengikuti rencana penerbangan Anda

Menyetel ke ILS

Langkah 1
Pilih bandara yang Anda inginkan menggunakan teknik yang ditunjukkan di “Mendapatkan lebih banyak dari Peta Anda dan Peta Mini”
Langkah 2
Bersepeda ke tab Runway
Langkah 3
Ketuk landasan yang ingin Anda setel (harus memiliki ILS)
Langkah 4
Ketuk “Setel NAV 1”. “NAV 1” akan ditampilkan dalam warna hijau di dekat landasan pacu untuk menunjukkan bahwa itu telah berhasil disetel

Menampilkan ILS di Pesawat Anda

Langkah 1

Ketuk “NAV” untuk menampilkan tab Avionik di Layar Terbang
Langkah 2
“NAV 1” akan menampilkan frekuensi & ident ILS dan di bawah “CRS (course) 1” ini akan menunjukkan jalur runway
Langkah 3
Pastikan “SOURCE” diatur ke “NAV 1” untuk menggunakannya di pesawat
Langkah 4
Horizontal Situation Indicator ( HSI ) akan menampilkan skala deviasi Localizer (lateral) dan Altitude tape akan menampilkan skala deviasi Glideslope (vertikal)
Langkah 4
Kursus untuk skala deviasi lateral dapat disesuaikan menggunakan “CRS 1” (ini dapat digunakan jika Anda ingin menerbangkan Back Course Localizer)

Menyetel ke VOR atau ADF

Langkah 1

Pilih VOR atau NDB yang Anda inginkan menggunakan teknik yang ditunjukkan di “Mendapatkan lebih banyak dari Peta Anda dan Peta Mini”
Langkah 2
Untuk VOR, ketuk “Set NAV 1” atau “Set NAV 2”. “Disetel ke NAV 1 (atau 2)” akan ditampilkan di bawah info VOR. Untuk NDB, ketuk “Setel ADF 1” dan dengan cara yang sama, “Setel ke ADF 1” akan ditampilkan

Menampilkan VOR di Pesawat Anda

Langkah 1

Setelah Anda menyetel VOR ke NAV 1 atau 2, ketuk “NAV” di Layar Terbang
Langkah 2
Tab Avionics akan muncul, NAV 1 atau 2 akan menampilkan frekuensi dan ident VOR. BRG (bantalan) 1 atau 2 dapat diubah menjadi “NAV 1 (atau 2)” dan jarum yang dipilih akan menampilkan informasi ini pada Horizontal Situation Indicator (HSI)
Langkah 3
CRS (kursus) 1 atau 2 akan memiliki 360 yang disetel secara default tetapi radial apa pun dapat dipilih. Asalkan “SOURCE” diatur ke “NAV 1 (atau 2)”, HSI akan menampilkan skala deviasi lateral, dan jalur dapat disesuaikan untuk mencegat dan menerbangkan radial yang berbeda ke/dari beacon VOR

Menampilkan ADF di Pesawat Anda

Langkah 1
Setelah Anda menyetel NDB ke ADF 1, ketuk “NAV” di Layar Terbang
Langkah 2
Tab Avionics akan muncul, ADF 1 akan menampilkan frekuensi dan ident NDB. BRG (bantalan) 1 atau 2 dapat diubah menjadi “ADF” dan jarum yang dipilih akan menampilkan informasi ini pada Indikator Situasi Horizontal (HSI)

Sistem Penghindaran Tabrakan Lalu Lintas (TCAS)

 

TCAS di Peta
TCAS di Peta

 

  1. Pada Peta dan Peta Mini, pesawat Anda ditampilkan dengan simbol pesawat berwarna putih. Simbol-simbol ini bervariasi dalam ukuran/bentuk tergantung pada pesawat apa yang diterbangkan
  2. Lalu lintas lainnya ditampilkan oleh pesawat biru
  3. Pesawat akan mengubah Amber sebagai Peringatan Traffic Advisory (TA) jika kondisi berikut terpenuhi:
    • Kedua pesawat mengudara dengan kecepatan di atas 40kts
    • Perbedaan ketinggian kurang dari 2000ft
    • Pesawat lain berada dalam 40 detik dengan kecepatan saat ini
  4. Pesawat akan berubah menjadi Merah sebagai Peringatan Resolusi (RA) jika kondisi berikut terpenuhi:
    • Semua ketentuan untuk Peringatan TA TCAS (kuning) terpenuhi
    • Perbedaan ketinggian kurang dari 600 kaki

Intervensi percontohan manual diperlukan jika Peringatan TCAS RA (merah) dibuat, di bawah ini adalah tabel untuk membantu Anda mengetahui apa yang harus dilakukan:

Contoh

asdasdasdasdasdasdasd

Arti Aksi Percontohan
Pesawat berada 3000 kaki di atas Anda Tidak ada tindakan yang diperlukan
Pesawat berada 1000 kaki di atas Anda Pengendali Lalu Lintas Udara akan memastikan pemisahan vertikal 3 mil atau 1000 kaki setiap saat. Tidak ada tindakan yang diperlukan
Pesawat berada 800 kaki di bawah Anda Pemisahan pesawat hampir rusak – jika di bawah ATC aktif, minta deviasi jika tidak ada instruksi yang diberikan
Pesawat berada 100 kaki di bawah Anda Dengan atau tanpa ATC aktif – sesuaikan jalur penerbangan Anda dengan lancar untuk menghindari pesawat, jika mereka di bawah Anda kami sarankan mendaki, jika mereka di atas, kami sarankan turun
Pemisahan pesawat minimum yang harus Anda pertahankan setiap saat adalah 3nm satu sama lain secara lateral, atau 1000ft secara vertikal. Saat berada di bawah ATC aktif, mereka akan memastikan pemisahan ini dipertahankan. Di wilayah udara yang sibuk adalah umum untuk melihat banyak simbol pesawat Amber – jangan bereaksi berlebihan, perhatikan baik-baik peta mini Anda saat terbang!